Saya Ingin Buka Angkringan Tapi Saya Kerja, Bagaimana Caranya ?

Jum'at , 06 Desember 2013 08:31 | Berita Perusahaan | Dibaca 14043 kali

Beberapa hari ini, banyak sekali pertanyaan yang masuk berkaitan dengan keinginan ingin buka usaha angkringan nasi kucing tetapi terbentur kendala pekerjaan sehari-hari di kantor. Satu hal yang ingin kami tekankan adalah kami menghimbau kepada para mitra kami untuk bertindak tepat dan berpikir cerdas, untuk kedepannya, para mitra kami arahkan sebagai pengontrol usaha angkringan yang dimilikinya walaupun secara fisik tidak bisa menunggui usahanya.

Banyak jalan untuk memecahkan permasalahan tadi, salah satu caranya adalah dengan mencari rekan kerja atau partner untuk mengurusi kegiatan teknis dilapangan. Partner ini nanti Anda serahi tugas : kulakan bahan baku yang akan di masak, proses masak makanan dan minumannya, dan berjualan. Hal lain yang sering di ungkapkan kepada kami oleh para calon pelaku usaha angkringan nasi kucing adalah, siapa partner ini ? baik.. sederhananya partner ini harus orang-orang yang Anda kenal baik sebelumnya, misalnya tetangga kanan kiri di rumah, istrinya security di perumahan Anda, istrinya tukang sayur di gang Anda, istrinya satpam di kantor Anda, istrinya ovice boy di kantor Anda.

Perlu di ingat, ketika Anda menemui keterbatasan dalam waktu dan tenaga untuk mengelola usaha angkringan ini, maka mau tidak mau Anda harus berbagi, berbagi pekerjaan dan rejeki kepada orang lain di sekitar Anda. Dengan semangat berbagi maka Anda akan bisa mengatasi perasaan was-was nanti kalau partner curang, nanti kalau ditipu, nanti kalau ada preman dll. Dengan semangat dan rasa berbagi, Anda akan ikhlas menjalankan usaha Angkringan Anda bersama partner Anda, Anda sudah melakukan sebuah ibadah dalam bentuk usaha,  dan sebaliknya tanpa di dasari rasa berbagi maka Anda tidak akan pernah bisa  menaruh kepercayaan kepada partner Anda.

Bagaimana partner ini bisa yakin dengan ajakan Anda untuk bersama-sama mengelola bisnis Angkringan nasi kucing ?. Berikut ini adalah tahapan dalam mencari atau merekrut partner.

  1. Silahkan bikin daftar list orang-orang yang Anda percayai dan sekiranya bisa diajak kerjasama
  2. Pilih orang yang posisi tinggalnya dekat dengan lokasi jualannya untuk mengantisipasihal-hal teknis di lapangan ( air habis, makanan habis, hujan, preman, dll )
  3. Ajak ngobrol, sambil berikan gambaran usaha dari file yang kami berikan, sehingga calon partner mempunyai gambaran bisnisnya dan calon partner Anda benar-benar yakin kalau Anda serius menjalankan usaha angkringan.
  4. Silahkan buat surat kerjasama sederhana bermaterai yang berisikan perjanjian kerjasama antara Anda dan mitra Anda untuk mengelola bisnis angkringan bersama, sebutkan pula pembagian tugas, tanggung jawab dan hak nya masing-masing pihak.
  5. Berikan resep dari Angkringan Nasi Kucing 78 kepada partner Anda
  6. Berikan uang 200-300rb untuk belanja bahan baku dan silahkan partner Anda untuk ujicoba masak, ujicoba masak minimal 2 x sebelum grand opening
  7. Ujicoba masak nanti harus di test oleh banyak orang ( bisa undang teman-teman dekat ) dan mohon para tester untuk memberikan masukan jujur soal makanan yang dimasak partner Anda. Dari masukan-masukan tadi bisa untuk bahan evaluasi dan pembenahan rasa, tampilan bentuk dari makanan dan meinumannya, jadi ketika buka pertama kali, rasa dan bentuk makanan minumannya sudah " mak nyussss ". Kenapa harus ujicoba resep dahulu sebelum buka apakah resep dari Angkringan Nasi kucing tidak enak ? maksud dari ujicoba masak adalah membiasakan diri si tukang masaknya dan menyelaraskan rasa antara rasa masakan jogja dengan citarasa masyarakat setempat.
  8. Apabila uji coba masak sudah sukses, ajak partner Anda untuk memastikan lokasi jualannya, mulai dari izin ke pak RT setempat, izin kepada si empunya lahan ( posisi outdoor ), memastikan kerjasama dengan pihak supplier bahan baku ( tukang tempe tahu, tukang usus, dll ) dan terakhir menentukan kapan buka angkringannya.

Bagaimana sistem kerjasamanya ?

untuk sistem kerjasamanya ada beberapa macam:

  1. pertama dengan sistem kerjasama konsinyasi ,
  2. kedua dengan sistem bagi hasil,
  3. ketiga dengan sistem gajian. 

Sistem konsinyasi adalah kerjasama antara Anda dan partner yang pada intinya partner Anda sanggup dan mampu untuk mensupply makanan dan minuman untuk Angkringan Anda dengan sistem titip jual, jadi Anda hanya membayarkan item yang laku saja kepada partner Anda, Anda relatif tidak begitu menanggung resiki, namun maju mundurnya usaha angkringan Anda sangat tergantung dari partner Anda. Lebih bijaksana lagi apabila mitra berani memberikan jaminan penjualan selama beberapa hari pertama buka, misalnya mitra akan memberikan jaminan kepada supplier bahwa selama 10 hari pertama, mitra akan membayar 75% dari makanan yang dititipkan, hal ini akan memberikan kepercayaan diri kepada supplier.

Sistem bagi hasil, sistem ini adalah sistem kerjasama dengan dasar saling percaya antara kedua belah pihak dalam menjalankan dan menerima hak dan tanggung jawabnya. Masing-masing pihak secara profesional mengerjakan tugasnya masing-masing, besarnya prosentase bagi hasil tergantung dari pembicaraan awal antara Anda dan partner Anda karena menyangkut tanggung jawab, modal awal. Prosentase bagi hasil yang sering digunakan adalah 50:50 , 40 : 60, 70:30, 80:20, tidak ada patokan besaran nilai bagi hasil karena penentuan nilai bagi hasil melihat kembali kepada porsi tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak.

Sistem gajian, sistem ini adalah sistem kerjasama dimana Anda menggaji orang untuk bekerja kepada Anda. Besaran nilai gaji tergantung dari pekerjaan yang Anda berikan kepada partner Anda. pada intinya secara logika, ketika Anda sudah punya banyak outlet Angkringan maka Anda akan sangat efektif apabila memiliki karyawan yang digaji untuk masak dan mengurusi usaha angkringan Anda.

Penjaga Angkringan

Untuk memenuhi kebutuhan akan penjaga angringan nasi kucing, silahkan Anda bisa berkomunikasi dengan partner Anda untuk mencarikan karyawan yang jaga, namun apabila tidak mendapatkan karyawannya, kami berinisiatif untuk mencarikannya di daerah Jogja dan sekitarnya, kini kami memiliki banyak daftar pelamar penjaga angkringan, Anda akan kami berikan bio data mereka dan bisa berkomunikasi langsung dengan mereka ketika Anda sudah menjadi mitra kami. Untuk penyediaan tenaga kerja ini tidak kami pungut biaya sepeserpun alias gratis.

Ada satu trik lagi untuk mencari karyawan yang difungsikan untuk jaga angkringan, trik itu adalah dengan mencari informasi kepada para pedagang di sekeliling lokasi yang Anda pilih untuk buka angkringan. Anda bisa bertanya kepada pemilik atau karyawan pecel lele, nasi goreng, martabak, kethoprak, bakso dan lainnya, silahkan tanya apakah mereka ada rekan atau saudara yang mau kerja malam seperti profesi mereka, jangan lupa kalau Anda meminta info tenaga kerja nanti silahkan skalian sampaikan bahwa ada uang jasa atau uang rokok apabila pedagang tersebut bisa memberikan karyawan untuk Anda. Satu hal terakhir bahwa Anda harus minta calon karyawan yang memang sesuai dengan apa yang Anda minta, minimal jujur, giar kerja, friendly.

selamat mencoba..semoga usaha angkringan nasi kucing bisa menjadi usaha sampingan Anda semua.

Salam Sukses & bahagia bersama