Tips Mencari Lokasi Untuk Berjualan Angkringan Nasi Kucing

Jum'at , 30 Maret 2012 11:13 | Berita Perusahaan | Dibaca 21366 kali

Salah satu kendala yang dihadapi oleh beberapa calon Mitra kami ketika mau membuka usaha Angkringan nasi kucing  adalah mencari lokasi yang ideal. Untuk memecahkan permasalahan mencari lokasi, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mencari dan menetukan lokasi berjualan :

  1. Hal pertama yang dilakukan sebelum mencari lokasi untuk berjualan adalah, berdoa kepada Tuhan mohon petunjuk agar diberikan pandangan dan kemudahan dalam upaya Anda mencari lokasi berjualan. Hal ini kelihatannya simple sekali, namun paling banyak dilalaikan oleh pelaku usaha, ingat kawan.. bisnis yang akan Anda jalankan adalah bisnis kepunyaan Tuhan, Anda hanya dititipi saja untuk mengelola.
  2. Cari tahu dan tentukan daerah-daerah yang potensial untuk berjualan Angkringan nasi kucing, misalnya pinggir jalan utama, dekat rumah sakit, dekat kampus dan kos-kosan mahasiswa, dekat mal, dekat perkantoran, di depan atau di dalam kompleks perumahan, dekat tempat wisata, dan sebagainya. Apabila Anda menentukan lokasi di dekat atau di dalam kompleks  perumahan, silahkan pilih lokasi yang berada disisi jalan "orang pulang kerja", bukan di sisi  jalan "orang berangkat kerja ".
  3. Pilih lokasi pinggir jalan dengan karakter pengendara yang berkendara dengan kecepatan sedang maupun pelan.  Ketika pengendara berkendara cepat, maka tidak akan sempat melihat lokasi jualan Anda.
  4. Lokasi di dekat kampus yang banyak kos-kosan mahasiswa adalah lokasi ideal sekali untuk berjualan Angkringan nasi kucing,  jangan pilih area kampus yang mahasiswanya sebagian besar berasal dari daerah setempat yang pulang ke rumah masing-masing dan bukan ngekos.
  5. Apabila anda memilih lokasi indoor atau dalam ruangan, silahkan cari kios atau ruko yang harga sewanya masih rasional dibandingkan dengan potensi bisnis Angkringan nasi kucing yang akan Anda jalankan.
  6. Usahakan cari ruko atau kios yang sudah dipasangi kanopi, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat kanopi.
  7. Usahakan cari kios atau ruko yang tidak bersebelahan dengan bengkel motor, bengkel mobil maupun toko cat, karena aroma dari oli yang tumpah dilantai atau aroma dempul mobil yang dibakar akan sangat mengganggu kenyamanan pembeli Anda.
  8. Usahakan cari kios atau ruko yang mempunyai area parkiran yang lumayan luas, jadi Anda tidak khawatir apabila Angkringan nasi kucing Anda ramai dikunjungi pembeli.
  9. Untuk lokasi outdoor, silahkan pilih lokasi yang strategis, bisa di emperan ruko atau emperan kios, parkiran mal, pintu masuk kampus, area rumah sakit, pusat kuliner di dalam perumahan, alun-alun, dll.
  10. Cari lokasi outdoor yang representatif, kondisi tanahnya tidak becek, tidak dekat tempat sampah, tidak dekat selokan yang bau.
  11. Untuk lokasi outdoor harga sewa bulanannya berkisar antara Rp.300.000 sampai dengan Rp.700.000 tergantung daerahnya, tentu saja harga sewa bulanan untuk daerah dalam kota Jakarta berbeda dengan di Bekasi, Depak,Tangerang, dan sebagainya.
  12. Anda bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan tukang nasi goreng, martabak, pecel lele, bakmi dan sebagainya. Apabila Anda memilih lokasi di dekat para pedagang tersebut, maka dipastikan harga sewa lokasinya masih terjangkau dan komunitas yang beli sudah terbentuk sebelumnya, jadi Anda tinggal menikmati hasil mereka saja.
  13. Mencari dan memilih lokasi berjualan harus dilakukan dengan survey beberapa kali di hari yang berbeda dan jam yang berbeda pula. Jam survey yang perlu Anda lakukan adalah jam 16.00, jam 18.00, jam 20.00, jam 22.00 dan diatas jam 00.00, karena Angkringan nasi kucing biasanya buka sampai melewati tengah malam. Dari survey berbeda hari dan jam tadi Anda akan mendapatkan hasil : jumlah kendaraan yang berlalu lalang di sekitar lokasi yang Anda pilih, sifat orang disekitar lokasi apakah suka belanja kuliner atau lebih cenderung suka makan dirumah, kondisi lapangan di jam malam ( jangan pilih lokasi yang sudah sepi orang lalu lalang diatas jam 22.00 ), apakah sudah ada pelaku bisnis yang sama, kalau sudah ada dan ternyata ramai, maka Anda harus siapkan segala sesuatunya bersifat"lebih" daripada kompetitor.
  14. Apabila Anda sudah mendapatkan calon lokasi yang sudah masuk beberapa kategori penyaringan tadi, silahkan segera hubungi si pemilik lokasi dan lakukan negosiasi dan panjer ( DP ) lokasi dan jangan biarkan lokasi piliha Anda tadi terserobot pelaku bisnis yang lain.

Baiklah.. demikian beberapa tips yang kami harapkan bisa membantu Anda dalam memilih lokasi berjualan. Salam sukses dan bahagia bersama.

Info kemitraan Angkringan Nasi Kucing 78

Bayu ANK 78 Tlp / WA : 0821-6688-6037